Ciri-Ciri Tempat Service Mobil yang Berkualitas
Memilih bengkel dan tempat service, memang susah-susah gampang ya.
Akan mudah jika Anda sudah memiliki tempat service langganan. Artinya Anda
sudah mengetahui bagaimana pelayanannya dan tidak perlu khawatir lagi. Namun
jika Anda baru pertama kali melakukan service mobil, Anda harus memperhatikan
ciri-ciri tempat service yang berkualitas.
- Memiliki Goodwill
Jika suatu tempat
tersebut memberikan pelayanan terbaik, sudah dapat dipastikan bahwa tempat
tersebut akan direkomendasikan oleh banyak orang. Jadi, cobalah untuk bertanya
terlebih dahulu mengenai tempat yang akan Anda tuju tersebut kepada orang-orang
disekitar Anda. Atau Anda dapat mengecek komentar masyarakat dengan mengakses
web resminya di internet dan cek komentarnya.
- Informasi dan Pelayanan Baik
Ketika Anda datang, pihak
tempat service akan menyambut dan
membantu Anda dengan baik. Pihak pelayanan akan menanyakan keluhan dan
kerusakan pada mobil Anda.
Cobalah untuk menanyakan
pertanyaan umum seputar kerusakan AC dan kesanggupan tempat service untuk
menangani keluhan. Jika dijawab dengan baik, logis, dan mudah dimengerti akan menjadi
salah satu indikasi bahwa tempat tersebut berkualitas.
- Montir yang Responsive
Anda dapat berbincang
dengan montir yang akan menangani AC Anda. Tanyakan semua kerusakan dan kendala
yang Anda alami pada mesin AC mobil. Lagi-lagi dari pihak penyedia
layanan akan memberikan jawaban serta solusi
terhadap kerusakan. Pokoknya ketika service
AC mobil, paling tidak petugasnya mengetahui seluk beluk AC mobil mengetahui apa
penyebab kerusakannya.
- Memberikan Informasi yang Lengkap Mengenai Kerusakan
Jika suatu tempat memang
berkualitas baik setiap kerusakan akan disampaikan kepada pemilik mobil. Montir
hanya akan mengganti komponen yang lama dengan yang baru disertai persetujuan
dari pemilik mobil. Dalam memberitahukan komponen baru, disertai dengan penjelasan
harga.
Selain itu, ciri khas
dari tempat service yang berkualitas adalah memberikan informasi mengenai
komponen yang tengah dikerjakan. Misalnya bagian A adalah komponen sekali pakai jadi harus
membeli komponen yang baru. Sehingga pemilik mobil mengetahui bagian mana yang
sekali pakai mana yang tidak.
- Tidak Mengatakan Kehabisan Freon
Jika Anda dimintai
persetujuan untuk mengisi ulang freon, tanyakan terlebih dahulu bocornya
dimana. Karena tidak mungkin freon akan habis atau berkurang tanpa kebocoran
pada salah satu sistem AC.
Ini biasa digunakan oleh
tempat service yang nakal dan ingin mencari untung. Padahal freon dalam mobil
jelas-jelas tidak berkurang. Tempat service yang berkualitas akan
menginformasikan kebocoran dulu. Baru kemudian meminta persetujuan
untuk pengisian freon setelah kebocoran diperbaiki.
- Harga Spare Part normal
Anda dapat mencari
informasi di internet mengenai harga komponen AC mobil. Tanyakan kepada pekerja
sebelum komponen dipasang, penyedia jasa terbaik tentu tidak memiliki
harga yang jauh dari pasaran. Harga yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah
lumayan patut untuk diperhitungkan kembali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar